Archive for the ‘politics’ Category

Barusan nonton kick andy,  disitu si andy -sok akrab- ngedatengin Caleg DPR RI dari PBB -bukan persatuan bangsa-bangsa, bukan pajak bumi dan bangunan, atau partai bencong bunting, karena bencong ngga mungkin bunting- yang namanya Edi Bonetski yang sehari-harinya adalah seorang musisi jalanan atau pengamen. 

Sewaktu diwawancara, Edi yang sebelumnya belum pernah terjun ke dunia politik (HYAIYYALAAAHHH!!) banyak berbicara tentang misinya di DPR jika terpilih nanti. Dia punya motto 3R (Rukun Warga, Rukun Bangsa, Rukun Dunia). Dari sekian banyak cita-cita misinya, memang sangat terkesan naif. Wajar.

Di acara yang sama, hadir pula pengamat politik Sukardi Rinangkit yang berpandangan bahwa hal ini sudah menjadi konsekuensi. Konsekuensi karena banyaknya parpol baru yang terbentuk atau didirikan berdekatan dengan pemilu. Akibatnya, parpol tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan dan menjaring kader-kader berkualitas yang akan mewakilinya di parlemen. Padahal, anggota legislatif seharusnya adalah orang-orang yang punya kemampuan berpolitik, intelektualitas memadai serta menguasai bidang politik, ekonomi, sosial, hukum dan sebagainya. Namun bagi Sukardi Rinakit, bisa juga ini adalah berkah tersembunyi. Menurutnya justru tamu-tamu Kick Andy yang notabene masih buta politik ini, adalah orang-orang yang benar-benar tahu akar permasalahan rakyat di bawah. Soal politik dan konsep demokrasi, tinggal dibimbing dan dilatih, supaya kemampuan politik dan legislasi mereka lebih memadai, jika terpilih. 

 

Menyikapi hal ini, terus terang saya pesimis bahwa Edi (dan 7 rekannya sesama pengamen yang juga dicalonkan PBB) akan berhasil di DPR jika terpilih nanti. Mereka akan terlalu mudah tertipu trik-trik politisi yang lebih licik pintar. Karena yang berpotensi menjadi lawan politik bukan hanya berasal dari partai lain, tapi juga mungkin atasan mereka sendiri yang mungkin hanya bertujuan memperalat mereka untuk menjaring suara, as their lucky, desperate shot

Tapi jelas, saya lebih memilih mereka dibanding caleg-caleg artis -Soetrisno Bachir and the gang-. Dengan terpilihnya mereka, setidaknya telah mengurangi angka kemiskinan.

 

so, artis atau pengamen?

i’m pengamen, what about you?  -kayanya pernah denger-

THE AMAZING INDONESIA…

funny facts in indonesian politics

Posted: September 3, 2008 in politics
Tags: ,

Entah karena pemilu bentar lagi, atau karena tertarik sama rame-rame US Election, atau memang lagi banyak berita politik,, Akhir-akhir ini gw sering banget baca berita politik.

Dan kayanya banyak yg lucu di dunia perpolitikan kita..

Nih, beberapa hasil browsing hari ini :

  • Syarief Hasan: Politisi Beriklan, Politisi Rating Bawah Syarief Hasan adalah ketua fraksi partai demokrat. Waktu ditanya tentang iklan yang menampilkan SBY sebagai model iklan, dia bilang itu bukan iklan Capres melainkan iklan partai. Kesimpulan : Partai Demokrat = Partai Rating Bawah. Hehe..
  • Banyak banget caleg artis. Kesimpulan : Mekanisme kaderisasi partai benar-benar buruk, masa untuk posisi se.penting anggota DPR mereka mencalonkan individu yang sebelumnya ngga ada pengalaman politik? Bisa jadi ntar Raam Punjabi nyalonin diri jadi capres..
  • Kasus Pemilihan Deputi Senior BI Miranda S Goeltom… Rusak Citra Partai, PDIP Segera Hukum Agus Condro Comment : Kalo udah terbukti Agus Condro bohong, baru masuk akal kalo dihukum.. Lah ini mah baru juga mau diselidiki, udah diancam duluan, ketauan bgt partainya ga punya idealisme ngebela kepentingan rakyat.
  • KPU mengunjungi 14 negara untuk sosialisasi teknis Pemilu. Comment : Do you know a kind of information technology named internet?

…………….

Ajaib ya, Indonesia bisa bertahan dengan banyak pemimpin yang aneh kaya gitu..

We’re a survivor indeed, i think..

:p