This Young Giant, Indonesia

Posted: September 4, 2008 in storm.in.the.brain
Tags: ,

National Geographic Magazine pernah nulis artikel di edisi September 1955, judulnya persis kaya judul postingan ini.

Bulan Agustus 2008 kemaren, NG Indonesia nge.re-publish artikel itu, in bahasa indonesia of course. hehe.. (mulai d g penting).

Ni gw comot2in (comot.. emang g bakat nulis..) dr yg versi NGI :

prolog : “Hasrat untuk maju menyelimuti negeri berpenduduk 79 juta jiwa. Demikian tertuang dalam artikel tentang Indonesia di NG edisi September 1955 yang kini kembali kami sajikan. Saat itu, bangsa dari negeri yang belia ini memiliki semangat dalam mengasah potensi untuk menjadi salah satu negara terkuat di Timur Jauh. Agustus ini, indonesia merayakan usia yang ke-63. Kitalah yang dapat menilai, sudahkah potensi itu menjadi nyata?”

belooom…

“Indonesia, sebuah bangsa yang baru berusia 10 tahun, sangat menggantungkan diri pada semangat gotong royong dalam upayanya bertahan hidup. Dengan populasinya yang menduduki urutan keenam terbesar dunia dan berpotensi menjadi salah satu negara terkuat di Timur Jauh, republik yang masih belia ini masih tertatih-tatih akibat ekonomi yang karut-marut dan kemelut politik dalam satu dekade terakhir. Namun kini Indonesia tengah menegakkan tubuhnya, berupaya menangani masalah-masalah yang paling mendesak-khususnya pendidikan- dan ‘saling membantu satu sama lain’ untuk menuju kedewasaan.”

negara terkuat di Timur Jauh? Jepang, China, Korea, Singapura, Thailand + Australia

Indonesia? masih berpotensi sampe sekarang..

“Kepulauan yang membentuk Indonesia tersebar di kawasan khatulistiwa dan kerap digambarkan sebagai untaian permata karena keindahannya.”

🙂 Jadi inget quote.nya wakil indonesia : “Indonesia is a beautiful city” haha..

“Salah satu fakta terpenting tentang Indonesia adalah kenyataan bahwa Indonesia sangat ingin belajar.”

Anggaran pendidikan baru aja jadi 20%.  Artinya, 2008 – 1955 = 53 tahun setelah artikel ini dipublish di Amerika sana.

Heuhh,,  Itu baru anggarannya, yang penting bukan anggaran, tapi konsepnya, mau dibawa kemana pendidikan Indonesia? Masa tiap ganti menteri ganti kurikulum.. Duit mah pasti kurang berapapun yang dialokasikan..

Tetep appreciate, setidaknya anggaran pendidikan udah naik.. Horray!! Mudah-mudahan g kebanyakan di korupsi..

“Batavia yang dijadikan pusat perdagangan Belanda di Asia sejak VOC berkembang menjadi Jakarta, Ibu kota Republik Indonesia yang modern.”

Kasian amat Jakarta, lebih beken jaman dulu tuh kayanya..

“Kekayaan alam Indonesia tidak hanya berpotensi membuat negeri tersebut kuat secara ekonomi, tetapi juga merupakan harta karun ilmu pengetahuan yang siap digali. Para ilmuwan misalnya, berdatangan dari tempat-tempat yang jauh untuk mempelajari tetumbuhan di Kebun Raya Bogor.”

Again, masih berpotensi.

“Sumatera lebih dari sekedar kebun binatang alami dan sumber minyak. Pulau itu disebut ‘Pulau Pengharapan’. Kata Duta Besar AS, Sumatera merupakan masa depan Indonesia. Ukurannya tiga kali pulau Jawa dengan jumlah penduduk hanya seperempat Jawa. Sumatera memiliki semuanya: batubara, minyak, teh, kopi, tenaga air, tanah subur yang banya – dan penduduk yang rajin dan mandiri.”

Miris bgt setelah baca artikel ini, karena gw jadi sadar ternyata ngga banyak kemajuan dari tahun 1955 sampe sekarang..

But never give up, kita harus lebih semangat untuk Indonesia yang lebih baik!!

MeRdeKa..!!

halah.. ;p

sori gada link.nya,, situs NGI lagi redeveloping, dan nyari di NG US g ktmu.. hehe..

Comments
  1. chaty says:

    iya tuh, pendidikan yg penting bukan duitnya doang, tapi ilmunya yg diturunin, contohnya ilmu buat pengen maju,, udah 63 taun tapi masih berkembang aja.. jadi orang tua berkembang dong. daripada 20% dari APBN yg buat pendidikan itu dipake ngebagusin gedung sama nyuruh” anak SMP&SMA “SBI” (katanya sih sekolah berstandar internasional) punya laptop sendiri, mending buat beli buku sama pembinaan guru deh. profesor” besar sekarang aja jarang yg dulu SMP udah gotong laptop kemana”, tapi tetep aja punya karya yg berguna. huu
    lagian sekarang sih jakarta isinya mobil semua..saking modernnya kali ya, hihi, kok ngomel sendiri^^’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s